Selasa, 25 Desember 2012

Memberikan Kata Sambutan

Diposting oleh Indah Noor Fazriana di 03.03


Berpatokan pada pengalaman yang dulu-dulu nih yaa. Gue pernah jadi seseorang yang berperan penting dalam suatu kegiatan (yaa lo semua bisa nafsirin sendiri kali yaa gue ga mau dibilang sombongJ) seperti buka bersama gitu pada bulan Ramadhan. Nah, sebagai seseorang yang berperan penting yang biasanya gue denger nih harus ada yang namanya kata sambutan. Tapi pas gue Tanya sama seseorang yang levelnya lebih tinggi di atas gue *jiahh laya mainan aja ya -_-* re: senior/kakak kelas dia malah bilang “gausah”. Alhasil,  ya gue woles deh.



Dan tbtb senior yang lain malah bilang bahwa harus ada sambutan nanti pas acara dimulai. Woah!! Disitu gue langsung kocar-kacir kepoin orang setempat._. karena waktunya mepet banget! Dan akhirnya dengan sangat amat terpaksa gue bawain juga dah tu kata sambutan dengan metode hafalan. Tau kan? Yang membacanya tanpa teks gitu alias dadakan. Dan hasilnya gue gugup banget dan bawain kata sambutannya singkat, tidak jelas, dan tidak dapat dimengerti-_- untung saat itu ga ada guru. Padahal udah diundang, tapi syukur deh u,u
Nah, berhubung gue ga mau hal ini terjadi pada kalian jadi gue mau ngasih ilmu tentang kata sambutan yang gue kutip disini J
Let’s read! :D


A. Definisi / Pengertian Kata sambutan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia (2003) kiata sambutan adalah tuturan yang diucapkan dalam suatu acara perayaan, pesta, dan lain-lain. Kata sambutan merupakan suatu tuturan dengan susunan baik untuk disampaikan di depan orang banyak. Contoh kata sambutan antara lain ucapan lisan yang disampaikan seseorang dalam acara pesta pernikahan, pesta ulang tahun, perayaan, menyambut hari besar, kata sambutan pembangkit semangat, kata sambutan dalam acara atau event tertentu, dan sebagainya.
Kata sambutan yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar kata sambutan tersebut. Kemampuan berkata sambutan atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik.
B. Tujuan Kata sambutan
Kata sambutan umumnya disampaikan dengan tujuan antara lain berikut ini :
1. Memotivasi orang lain agar meningkatkan kualitas hidup dan kehidupannya menjadi lebih baik;
2. Mengarahkan pendengar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
3. Memberi suatu pemahaman tentang konsep implikastif atau informasi pada orang lain.
4. Membuat orang lain senang dengan kata sambutan yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan ketika menuju langkah berikutnya.
5. Memperteguh-menegaskan-memperkuat-mendorong suatu kegiatan untuk dilaksanakan secara operasional dan bertangung jawab
C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Kata Sambutan
Berdasarkan pada sifat dari isinya, kata sambutan dapat dibedakan menjadi :
1. Kata sambutan dalam acara pembukaan=> kata sambutan singkat yang dibawakan oleh pembawa acara.
2. Kata sambutan pengarahan=> untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Kata sambutan mengarahkan, yaitu merupakan kata sambutan yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Kata sambutan dalam peresmian, adalah kata sambutan yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Kata sambutan dalam laporan, yakni kata sambutan yang isinya mengarahkan agar laporan yang disambapikan sesuai dengan tujuan dan manfaatnya.
6. Kata sambutan dalam pertanggungjawaban yang menggirng suatu laporan pertanggungjawaban disampaikan sebagimana mestinya.
D. Metode Kata Sambutan
Teknik atau metode dalam membawakan suatu kata sambuta di depan umum :
1. Metode menghafal, yaitu membuat suatu rencana kata sambutan lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan kata sambutan tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berkata sambutan dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada kata sambutan-kata sambutan resmi.
E. Persiapan Kata Sambutan
Sebelum memberikan kata sambutan di depan umum, kita perlu persiapan berikut ini :
1. Siapa yang mendengarkan kata sambutan kita secara umum atau khusus, baik sisi sosial, budaya, struktural, dan lain-lain.
2. Mengetahui lama waktu atau durasi kata sambutan yang akan dibawakan
3. Menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti atau akrab dengan pendengar
4. Mengetahui jenis kata sambutan dan tema acara.
5. Menyiapkan susunan kata sambutan, ayng dalam konteks tertentu bisa diselingi dengan joke untuk mengendalikan perhatian pendengar, dsb.
F. Kerangka Susunan Kata Sambutan
Skema susunan kata sambutan yang baik:
1. Salam pembukaan dengan salam pembuka, berisi antara lain: 1) ucapan terima kasih kepada pembawa acara atas kesempatan bicara yang diberikan; 2) ucapan salam sapa kepada hadirin, bisa secara umum dan atau mengkhusus disinggung satu per satu, sesuai dengan kebutuhan dan keadaan, dengan memberi salam selamat …., salam sejahtera bagi kita semua; 3) puji syukur kepada Tuhan YME atas berkah dan rahmat yang diberikan; 4) terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memberi kata sambutan; dan lain-lain
2. Pendahuluan yang mengantarkan audiens kepada pokok masalah yang dibicarakan secara singkat menyangkut masalah latar belakang masalah, sedikit menggambarkan isi, maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
3. Isi atau materi kata sambutan secara sistematis, berisi hakikat gagasan pokok dari materi yang disajikan, disusun secara sitematis, struktural, dan mengandung substansi pokok pembicaraan
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, penegasan substansi pokok)
5. Salam penutup, berisi antara lain ucapan pengakhiran-penutupan kata sambutan. Contoh: Bapak-Ibu, hadirin yang saya hormati. Demikian kata sambutan saya, mohon maaf bila ada sikap dan kata-kata yang kurang berkenan di hati. Atas perhatian Bapak-Ibu, saya mengucapkan terima kasih. Waktu dan tempat saya kembalikan kepada pembawa acara. Terima kasih dan selamat ….
Nah, itu dia sekilas pengetahuan tentang kata sambutan. Semoga dapat membantu kalian. Salam, teman! :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Life Is Beautiful Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea