Rabu, 24 April 2013

Belajar Hemat \(´▽`)/

Diposting oleh Indah Noor Fazriana di 00.59

http://www.cigna.co.id/id/images/customer_care/tips_and_advices/menabung.jpgHellaaaaaa readers! U miss me? I think, yes :p sori udah lama ga posting. Padahal setiap hari selalu berkutat di depan netbook sambil browsing. Buka blog juga sering. Tapi kalo untuk posting kayanya aku harus mikir 7 keliling dulu. Because what? Aku sekarang lebih seneng ngurusin olshop dan cenderung males untuk ngetik. Sebenernya bukan cuma itu sih problemnya. Aku juga ga mau kalo kalian semua yang baca blog ini malah bad mood karena isinya cuman curhatan aku yang bisa dibilang flat *maybe*. Padahal itulah fungsi blog, yang pernah aku baca di buku TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu diary elektronik. Yaa, kalian bisa tumpahin semua kejadian yang seneng, sedih, lucu atau apapun lah itu di blog layaknya buku diary.
Tapi ya balik lagi. Ga semua orang suka baca cerita sehari-hari kalian. Disatu sisi aku mikir “ah, emang penting mikirin readers yang gasuka sama postingan aku? Punya aku juga ini” tapi disatu sisi hati kecil aku juga berkata “kamu mau kan blog kamu sering dibaca orang karena bermanfaat? Posting sesuatu yang bermanfaat juga dong!” akhirnya dengan tekad yang bulat aku putuskan bahwa aku akan posting sesuatu yang bermanfaat tapi di lain waktu aku juga tetep mau posting semua kejadian yang menarik di kehidupan aku. Karena kehidupan aku indah layaknya nama aku wkwk
Oke cukup basa-basi gajenya. Sekarang, aku mau sharing sesuatu yang pastinya bermanfaat buat kalian dan berhubungan sama hidup aku *nah seimbang kan=D* artikel ini aku bikin udah lama tapi baru bisa keposting sekarang hehe maklum orang sibuk *ngibasin recehan* #eh -_-. Seperti judul yang tertera di atas “Belajar Hemat”. Kenapa aku jadi posting ginian? Karena aku adalah seorang cewek yang sangat amat tidak bisa hemat alias boros *ketahuan deh kartunya-_-*. Padahal aku punya keperluan yang buanyak bangets. Berbagai cara aku lakuin mulai dari NABUNG. Pasti kalian berfikir dengan cara ini aku berhasil hemat yakann? No! aku malah tersiksa dengan keadaan. Aku jadi nahan laper dan kemungkinan yang paling fatal adalah ketika tubuh aku yang kurus ini menjadi ceking. Oh tidakkkkk-__-. Dan faktanya aku tetep gbs nabung T-T. Tapi aku ga nyerah. Akhirnya aku searching di google tentang cara untuk belajar hemat. Dan akhirnya aku mau copy paste hal itu disini. Tapi tenang, aku tetap akan memuat creditnya. Karena aku tau susahnya menulis artikel. Dan menurut aku kalau kalian cuman bisa copas tanpa menulis creditnya itu……………………..bagaikan orang yang ga punya maluJ hargain karya orang kalau kalian juga mau dihargain.

Cara Menabung dan Hidup Hemat
Ada pepatah yang mengatakan "hemat pangkal kaya", ini maksudnya apabila kita rajin menyimpan banyak uang dan hidup sederhana tidak berlebihan maka pada akhirnya kita akan dapat menikmati hasil yang membahagiakan.
Berikut ini adalah beberapa tips menabung uang yang mungkin berguna:
·         Menabung di Bank Yang Terpercaya.
Menabung di bank mungkin akan memberikan kita keuntungan bunga bank atau bagi hasil usaha karena uang yang kita setorkan digunakan pihak bank untuk investasi.

Ini penjelasan versi aku ya readers. Karena disini aku muslim jadi aku punya saran lebih baik menabung di bank syariah. Kenapa? Karena bank syariah menerapkan sistem bagi hasil. Sedangkan bank konvensional sepeti M**ndiri, B*A, B*I, dll mereka adalah bank yang menerapkan sistem bunga. Dan bunga adalah sesuatu yang diharamkan dalam islam. Bunga sering disebut riba. Aku juga kurang faham sih kenapa bunga di bank dilarang. Mungkin ada yang mau kasih tau bisa comment di kolom komentar yang ada di bawah J aku akan sangat senang jika kalian mau berbagi ilmu yang kalian punya layaknya aku yang berbagi artikel yang baik ini untuk kalian ;) sekalian nih aku mau ngasih tau bank syariah yang menurut aku lumayan lah tapi ga bagus-bagus amat juga sih *jahat-_-* nama banknya adalah Muamalat. Yeap! Aku udah jadi nasabahnya loh padahal umur aku masih 16 tahun :3 yaa saat itu pegawainya datang dan mempromosikan layanan baru itu yang diperuntukkan untuk anak sma yang lucu & imut seperti aku ini :3 awalnya aku kurang tertarik. Tapi setelah difikir ulang kelihatannya menarik. Akhirnya aku coba dengan uang pendaftaran yang lumayan menguras bagi anak SMA dan sangat kecil untuk orang dewasa-_- Rp. 50.000. dan dengan 50ribu itu kalian bisa mendapatkan buku tabungan serta ATM yang didalamnya sudah terdapat uang tunai sebesar 40.000 berarti uang pendaftarannya hanya 10.000 cukup murah bukan? :3 Nah, bagi kalian yang kebingungan mencari bank syariah yang bagus mungkin bisa mencoba bank Muamalat sebagai solusinya. Sekarang juga aku liat sudah banyak ATM bank Muamalat yang bertebaran *daun kali ya-_-* jadi kalian ga perlu gelisah mikirin charge yang harus dikeluarkan apabila melakukan transaksi di atm lain J okee ini kok jadi promosi ya-_-

·         Simpan Uang Receh Kalian Yang Tidak Terpakai.
Ketika punya banyak uang receh sebaiknya sebagian kalian simpan di suatu tempat yang aman dari tangan-tangan jahil termasuk tangan jahil kalian sendiri.

Nah, bener tuh tangan kita ini sebenernya jahil readers! Eh kita? Kalian aja deh hehe :p kalo aku saranin sebaiknya gunakan celengan untuk menyimpan uang recehan. Eits, tapi jangan celengan ayam-_- karena mudah pecah. Lebih baik kalian beli celengan yang terbuat dari besi misalnya._. itu tentu akan menyulitkan kalian untuk mengambil uang yang ada di dalamnya dan membuat kalian mengurungkan niat jahat yang bersemayam di otak kalian itu *apaan coba* jadi uang kalian tetap utuh deh yeee \(´`)/

·         Jangan Menabung Uang Terlalu Banyak (Investasi).
Batasilah menabung uang dalam bentuk cash dalam tabungan biasa atau deposito agar uang yang kalian miliki tidak terus berkurang nilainya dimakan waktu dan inflasi walaupun secara nilai uang kalian terus bertambah dari waktu ke waktu.

Aku ga bisa jelasin yang ini karena aku sendiri ga paham langsung cuss ke saran selanjutnya aja ya =D

·         Hilangkan Emosi Sesaat, Gaya Hidup Boros Dan Gengsi Kalian.
Hidup sederhana adalah kunci kebahagiaan. Hidup yang terlalu glamour, penuh gengsi, suka pamer kekayaan, senang dipuja-puji orang lain, dan sebagainya hanya akan menjerumuskan kalian pada kebodohan dan kemiskinan di masa mendatang. Jadilah orang yang low profil / rendah diri tetapi bila orang lain tahu kenyataan pada diri kalian maka orang itu akan terkagum-kagum.

Nah, jadi buat kalian yang gengsinya selangit mending dibuang deh. Ga ada gunanya juga nyimpen gengsi yang setinggi langit. Mending low profile kaya aku :3 aku orangnya juga humble loh hihi

·         Lakukan Perencanaan Hidup Yang Matang.
Buatlah tahapan-tahapan dalam hidup kalian secara mendetail serta nilai uang yang dibutuhkan untuk menggapainya seperti untuk sekolah, kuliah, mencari pekerjaan, menikah, membeli kendaraan, berobat, biaya sekolah anak, biaya makan, rekreasi, membuka usaha dan lain sebagainya. Dengan begitu kalian akan semakin bijak dalam melakukan pengeluaran setelah tahu seberapa besar dana yang kalian butuhkan kelak.

Wah keren sekali bukan artikel yang satu ini? Aku jadi tergugah untuk mencoba *apaan coba ya bahasanya-_-* maaf kalo kepanjangan 3 page on Microsoft words guys :3 mhihi how bacot I am wkwk
Sebelum aku tutup aku mau nanya duluu boleh? =>
Kalian mau pilih mana? Masa depan sengsara atau masa depan bahagia?
Kalo aku pribadi ya pasti milih masa depan bahagia! How about you? Comment ya! See u readersku yang unyu-unyu (´`) - c<ˇ εˇ)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Life Is Beautiful Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea